Ruang pameran tulisan segar fiksi & non-fiksi, dilengkapi info lomba penulisan fiksi. Ibarat galeri memajang aneka karya. Kritik dan saran terbuka untuk perbaikan. Selamat berkunjung, semoga ada pesan dan inspirasi yang bisa dibawa pulang.

Menu Nav Bar

5 Menu Makan Hemat ala Anak Kost sebagai Diet Murah dan Mudah



Anak kost atau perantau pasti harus bisa berhemat, terutama yang masih mahasiswa. Penghematan dapat dilakukan pada menu makanan. Kalau masih mahasiswa ya harus bisa makan hemat, kecuali kalau sudah kerja bisa memilih menu sesuka hati. Mahasiswa jangan gengsi dalam urusan makanan, ada jargon “makan murah yang penting kenyang”. Makan murah di sini bukan murahan, harus dilihat higienisnya juga dan tentu yang sehat. Jangan sampai makan murah tetapi menimbulkan penyakit di kemudian hari. Percuma makan mahal tetapi kandungan lemak dan kolesterolnya tinggi sehingga idak baik untuk jantung dan diet.


Bagi yang punya gengsi tinggi tidak perlu mempraktikkan ini. Tentu malu dong, biasanya makan di kafe, kantin, pujasera, resto, food court, dan lain sebagainya harus mampir ke warung makanan biasa. Jika Anda memang ingin mengetahui tentang makan hemat ala anak kost silahkan melanjutkan membaca sampai habis.
Makan hemat ala anak kost yang tidak memasak yaitu dengan membeli lauk dan sayur. Urusan nasi bisa dihemat dengan memasak sendiri pakai magicom. Apalagi kalau cowok biasanya porsi jumbo, bisa disesuaikan kebutuhan. Biasanya harga nasi setera Rp 2.000 – Rp 3.000, porsinya biasanya sedang, tergantung masing-masing warung. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang makan hemat yang bisa dijadikan menu diet murah dan mudah bagi anak kost, anak mahasiswa.


Menu Sayur Sop
Tentu semua sudah tahu bagaimana bentuk sayur sop. Sayur sop adalah menu sayur andalan versi makan hemat ala anak kost. Harga sayur sop cukup Rp. 2.000,- Kalau ingin memasak sendiri tentu mengeluarkan lebih uang yang bergambar Pangeran Antasari, untuk beli bahan dan bumbunya. Kalau beli di warung cukup Rp 2.000 sudah dapat semangkuk sayur sop. Sayur sop biasanya terdapat kubis, wortel, buncis, dan seledri. Kalau penasaran bisa dilihat gambar di bawah.


Makan hemat ala anak kost dengan sayur sop merupakan menu diet murah. Jika Anda sedang menjalankan diet harus banyak makan sayuran. Anda tidak perlu repot-repot sudah bisa melakukan diet mudah dengan rajin mengkonsumsi menu sayur sop.


Menu Soto Ceker Ayam
Soto ceker ayam di sini pakai santan. Biasanya penjual menyediakan menu ceker ayam dan kepala ayam. Pada kesempatan ini saya membeli ceker ayam. Tentu soto ceker ayam ini cocok untuk menu makan hemat ala anak kost. Urusan diet jangan khawatir, karena ceker ayam ini akndungan lemaknya tidak banyak. Malah konon kandungan kalsiumnya lebih banyak sehingga cocok untuk menu diet murah dan mudah didapatkan. Berbekal uang Rp 2.000 bisa membawa pulang semangkuk soto ceker ayam, isinya ada 3 potong ceker ayam.

Menu soto ceker ayam bisa dijadikan vaiasi menu sayuran sehingga tidak bosan makan sayur terus. Menu soto ceker ayam yang merupakan menu makan hemat ini cocok untuk diet karena kandungan lemak yang rendah dan kalsium yang tinggi. Tidak perlu repor membeli bahan dan memasak Anda bisa menikmati soto ceker ayam.


Menu Kare Tahu Tempe
Menu kare tahu tempe bukan kare ayam atau daging. Menu sederhana berbahan tahu dan tempe sebagai menu makan hemat ala anak kost. Menu ini dapat dijadikan sebagai menu diet murah dan mudah karena berbahan makanan yang mengandung protein nabati sehingga aman untuk diet. Bisa dijadikan variasi jika ingin mencicipi kare tanpa haru kare ayam atau daging. Dengan selembar uang berpotret ragam budaya Tarian Adat Dayak bisa melengkapi menu makan dengan semangkuk kare tahu tempe di meja makan.

Menu kare tahu tempe terasa nikmat bagi pemburu menu makan hemat ala anak kost. Aplagi bagi yang sedang melaksanakan program diet, Anda tidak perlu khawatir menambahkan menu ini sebagai menu diet murah dan mudah di meja makan Anda.


Menu Cap Jay
Menu cap jay merupakan menu makan hemat yang lumayan favorit. Menu cap jay dengan sayuran kubis, sawi, woterl, dan telur dadar potong menggoda lidah bagi yang melihat. Cap jay yang bisa didapatkan dengan harga Rp 2.000 masih bisa dijadikan menu diet murah dan mudah karena kandungan kolesterolnya tidak tinggi. Ya karena menu makan ini memang ditumis, ada telur dadarnya, tetapi masih ada sayuran yang masih mengandung serat sehingga cocok untuk diet.

Menu cap jay yang menggugah selera makan merupakan menu makan hemat ala anak kost yang masih layak disebut sebagai menu diet murah dan mudah. Bentuk variasi menu makan hemat di meja makan Anda. Kalau masak sendiri menu cap jay seperti di atas pasti lebih dari Rp 2.000. Jadi menu cap jay memang layak sebagai menu makan hemat ala mahasiswa. Kalau di pejual nasi goreng berkisar Rp 10.000 ke atas dengan porsi yang lebih banyak.


Menu Tumis Jamur Tahu
Menu tumis jamur tahu merupakan tumis jamur dan tahu dengan bumbu kecap dan cabe. Jadi rasanya pedas manis sebagai menu makan hemat alka anak kost yang merupakan menu favorit saya. Alsanya menu makan hemat yang ini bisa jadi favorit karena cocok untuk menu diet murah dan mudah. Jamur diketahui sebagai salah satu makanan pembakar lemak. Kalau tahu kan dikenal sebagai sumber protein nabati. Bagi yang sedang diet disarankan mencoba menu ini yang seharga Rp 2.000,- bisa dibawa pulang.

Menu tumis jamur tahu adalah menu diet murah dan mudah didapatkan. Bisa dapat makan hemat dan diet sekaligus dari seporsi tumis jamur tahu. Kalau lebih efektif bisa membuat sayur jamur untuk menghindari lemak, karena diet harus banyak-banyak mengurangi minyak atau makanan yang digoreng.


Demikian menu makan hemat ala anak kost yang merupakan menu makanan saya setiap hari. Kalau penasaran di warung mana belinya, saya beri tahu deh. Saya sering beli lauk-lauk di atas di Warung Mak Tik, begitulah kalangan mahasiswa menyebutnya. Semua harga satur atau menu hemat cuma dibandrol Rp. 2.000,- saja tentu hemat. Porsi di atas cocok untuk sekali makan saja, kalau mau nambah yang silahkan. Konon katanya, Warung Mak Tik sudah ada sejak zaman dosen saya masih jadi mahasiswa. Ya siapa tahu bisa ketularan sering ke warung sini nanti bakal jadi dosen juga. Amin
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Translate

Visitors

Flag Counter

Followers

Recent Posts

SAFORE

SAFORE
Samudrawan Fashion Store

RajaView.id

RajaView.id
Di rumah aja dapat uang mau? Cari tahu jawabannya dengan klik gambar di atas.