Ruang pameran tulisan segar fiksi & non-fiksi, dilengkapi info lomba penulisan fiksi. Ibarat galeri memajang aneka karya. Kritik dan saran terbuka untuk perbaikan. Selamat berkunjung, semoga ada pesan dan inspirasi yang bisa dibawa pulang.

Menu Nav Bar

Ignition Malang Gerakan 1000 Startup Digital Menuju Indonesia sebagai Macan Asia Ekonomi Digital Tahun 2020

Foto Penutupan Ignition Malang  #1 Coba cari di mana diriku?

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah suatu gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR yang bertujuan melahirkan perusahaan rintisan berbasis teknologi digital yang berkualitas dan memberikan dampak positif dengan menyelesaikan permasalahan besar di Indonesia. Gerakan ini ditargetkan dapat menciptakan 1.000 perusahaan baru dengan total valuasi bisnis senilai USD 10 miliar pada tahun 2020. Latar belakang dari gerakan ini adalah masalah-masalah lokal di berbagai kota di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki permasalahan yang berbeda-beda namun bisa berdampak ke masyarakat luas di berbagai daerah. Kami percaya bahwa yang paling mengerti masalah serta solusi yang tepat di masing-masing daerah adalah penduduk lokal di daerah tersebut. Untuk itu, dari gerakan ini diharapkan mampu memetakan masalah di daerah dan menemukan alternatif solusinya. Beberapa kota yang dipilih untuk gerakan ini antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Malang. Setiap tahapan yang ada di gerakan ini adalah berkesinambungan dari awal sampai akhir. Setiap peserta nantinya wajib mengikuti rangkaian kegiatan secara berurutan mulai dari Ignition, Workshop, Hackathon, Bootcamp, sampai Incubation. Ketika gagal di salah satu tahap, peserta bisa mengulang tahap yang sama di batch berikutnya.

Ignition Malang #1 tepat dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 November 2016 pukul 12.30 - 17.00 WIB di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya. Acara dimulai tidak tepat waktu seperti rundown acara yang diberikan. Hal itu dikarenakan hujan, masih menunggu kedatangan Walikota Malang  Ir. Mochammad Anton atau yang sering disapa Abah Anton. Pembukaan segera dimulai setelah para pejabat memasuki ruangan. yaitu Walikota Malang, H. Mochammad Anton, Rektor Universitas Brawijaya Malang, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS, Serta Staf Khusus Menteri Kementerian Kominfo RI, Deddy Hermawan. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, para pejabat diminta untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara Ignition Malang #1.

Tahap Ignition merupakan tahapan awal dalam serangkaian kegiatan gerakan nasional 1000 startup digital. Pada tahap ini peserta yang terpilih akan mengikuti acara talkshow yang bertujuan untuk mengubah pola pikir sebagai seorang founder. Perlu diketahui peserta yang mengikuti tahap ignition telah diseleksi panitia berdasarkan form registrasi. Registrasi awal untuk berpartisipasi meliputi identitas diri, cv online, dan video singkat tentang ide startup. Akhirnya 200 peserta terpilih berhak mengikuti acara spesial dan luar biasa untuk bergerak menjadi seoarang founder.





Foto Jaka Wiradisuria, Head of New Product, Ruma

Setelah sambutan-sambutan dan pembukaan, first time ada Presentation - Embracing Failure as Founders oleh Jaka Wiradisuria, Head of New Product, Ruma. Style yang atraktif dan dinamis dalam presentasi mengajak peserta untuk belajar dari pengalaman kegagalannya. Startup harus dipastikan bertujuan untuk menyelesaikan masalah di sekitar. Bukan ego founder untuk menjual ide yang dimiliki untuk dijual ke pasar konsumen. Lihatlah potensi pasar untuk mengembangkan produk dan sesuai dengan faktu. Bukan berdasarkan asumsi yang tanpa disertai data dan fakta. Kegagalan itu selalu ada, tergantung bagaimana mengelola kegagalan itu untuk menjadi modal untuk menuju sukses. Terkadang kita terpaksa harus mengambil keputusan menyakitkan daripada kita tak mampu bertahan hidup. Lebih baik sakit, lalu bangkit dari keterpurukan


Foto Ahimsa Afrizal, Andy Fajar, Fauzil Haqii, dan Miftahul Huda
 
Dilanjutkan Talkshow Sesi 1 - Think Like Founder. Pada sesi ini dipandu oleh Moderator yaitu Ahimsa Afrizal, CEO Jejakku dengan 3 orang Panelis, yaitu Andy Fajar, CEO Kulina. Miftahul Huda, CEO Inagata, dan Muhammad Fauzil Haqqi, CEO Pictalogi. Diskusi ini mengajak peserta untuk melihat peluang bisnis dari lingkungan dan masalah di sekitar sesuai cerita pengalaman dari masing-masing panelis. Mental seorang founder startup harus mampu untuk menghadapi tantangan-tantangan yang akan terjadi. Dalam membangun startup diperlukan kerjasama solid antar co-founder untuk bisa mengembangkan dan meningkatkan kualitas. Networking secara internal dan eksternal dalam membangun startup merupakan salah satu modal penting. Hubungan internal yang harmonis di antara co-founder dan vendor akan membangkitkan kinerja lebih baik. Apalagi hubungan eksternal dengan konsumen yang mesra mampu menghadirkan produk yang dicari dan dibutuhkan.

Talkshow Sesi 2 dengan topik Entrepreneur Mindset yang dipandu Moderator Afrizal Novian, Digital Strategist, Beon Intermedia dengan Panelis Danton Prabawanto, CEO, Beon Intermedia. Pada kesempatan kedua diskusi, panelis lebih banyak menceritakan pengalamannya selama ini. Rutinitas yang selalu sama dan tidak akan berubah cenderung membuat bosan. Melalui usaha/bisnis lebih membangkitkan daya kreativitas. Pertama kali yang harus dipahami untuk menjadi sukses adalah kenali dirimu, potensi dan minat apa yang kamu miliki. Bahasa kerennya passion, mulailah bergerak pada passion yang kamu yakini mampu mengantarkan padadirimu menuju sukses. Passion mampu dibentuk, bisa pakai model trial and error pada beragam bidang. Teruslah bergerak pada passion yang membuat diri kita nyaman.


 Foto Bagus Berlian, Daniel Cahyad, Faye Alund, Daus Gonia, dan Vicky Arief Herinadharama

Pada bagian akhir ada Talkshow Sesi 3 yang membahas Collaboration to Create Innovation dengan Moderator: Bagus Berlian, Evangelist TEDx Tugu Pahlawan yang menghadirkan Panelis: Daniel Cahyadi, Industry Manager, Google Indonesia, Faye Alund, Co-Founder, Kumpul.co. Daus Gonia, Creative Director Menembus Langit, dan Vicky Arief Herinadharama, CEO, Paradise Group. Penutup acara yang menutup diskusi yang menarik karena banyak inspirasi dan ide yang dibagikan. Dalam membangun startup digital diperlukan kolaborasi ide untuk menciptakan sebuah kreasi dan inovasi. Saling berbagi dengan sharing ide di beragam komunitas akan memancing ide-ide baru. Tentu jangan berpuas diri dengan ide yang dimiliki, tanpa ada strategi dalam eksekusi maka ide luar biasa akan menjadi sisa-sia. Lagi-lagi networking diperlukan, terutama antar berbagai bidang untuk menciptakan paket yang terintegrasi. Kita tak akan mampu hebat, tanpa orang lain. Jika kamu sudah merasa hebat tana orang lain, mengapa tidak ingin untuk menjadi super hebat dengan membangun kerjasama. Jadi tidak heran dan ragu untuk mampu mewujudkan Indonesia menjadi Macan Asia Ekonomi Digital karena pemuda-pemudi Indonesia akan saling bahu-membahu membangun 1000 startup digital.



Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Translate

Visitors

Flag Counter

Followers

Blog Archive

Recent Posts

SAFORE

SAFORE
Samudrawan Fashion Store

RajaView.id

RajaView.id
Di rumah aja dapat uang mau? Cari tahu jawabannya dengan klik gambar di atas.